Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Pilih Beli Properti Tunai Atau Kredit Syar’i?

Properti Syariah

Properti Syariah

Ada tiga macam kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan orang di dunia ini yaitu rumah, pakaian dan makan. Kalau pakaian dan makan mungkin bukan sesuatu yang sangat besar untuk memenuhinya, akan tetapi kalau untuk rumah mungkin adalah menjadi salah satu barang yang perlu kekuatan besar dalam pemenuhannya.
Mungkin Anda saat ini sedang berpikir untuk membeli rumah? Membeli rumah sendiri dapat Anda lakukan secara tunai atau bisa Anda lakukan juga secara kredit. Kredit dalam pembelian rumah memang ada untung ruginya.

Untungnya Anda hanya perlu siapkan uang muka atau bisa juga tanpa uang muka sehingga tidak membebani Anda terlalu besar. Sementara ruginya tentu Anda harus membayar jumlah yang lebih tinggi dibandingkan jumlah beli rumah secara tunai. Cara ini biasanya diterapkan jika Anda kredit melalui KPR konvensional. Adakah KPR syar’i? Tentu ada? Lalu baiknya pilih beli properti tunai atau kredit syar’i? Kami akan kupas informasi lengkapnya di bawah ini!

Pertimbangan Beli Properti Tunai Atau Kredit Syar’i

Properi Syariah1

Ya, kalau kita bicarakan untung rugi dalam beli properti secara tunai atau kredit syar’i sebenarnya pada hakikatnya beli apapun itu lebih untung secara kontan jika memang ada uangnya. Karena dengan beli secara kontan kita tidak terikat dengan adanya nilai nominal yang mungkin berubah dalam dua atau tiga tahun ke depan dan tidak terikat dengan syarat-syarat yang lainnya.

Akan tetapi kalau memang tidak ada yang digunakan membeli kontan memang beli properti secara kredit syar’i juga sangat direkomendasikan. Didalam membeli secara tunai ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan yaitu harga yang dibebankan tidak dikenakan cicilan sama sekali, harga rumah dapat ditekan dengan cara negosiasi bersama pengembang, rumah dapat langsung ditempati dan tidak pusing memikirkan cicilan, dan surat-surat rumah sendiri sudah dapat secara langsung dimiliki bahkan dapat dijadikan jaminan ke bank 🙂

Akan tetapi sebenarnya membeli secara tunai juga ada kelemahannya yaitu butuh waktu yang cukup lama ketika Anda harus mengumpulkan uang utamanya bagi Anda yang memiliki penghasilan rendah, dan jika memang ternyata kepemilikan rumah tersebut menuai masalah tentu uang Anda dapat menguap dalam waktu hanya sekejab saja.

Baca: Terbongkar! Inilah Rahasia Miliki Rumah Tanpa Utang Bank

Nah, bagi Anda yang belum cukup dana beli properti tunai, beli properti kredit syar’i juga dapat dilakukan dan beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan diantaranya Anda tidak perlu bingung soal menabung dalam jumlah besar untuk beli rumah. Uang cukup untuk Anda gunakan bayar uang muka saja. Dengan beli rumah secara kredit tentu rasanya akan lebih ringan.

Akan tetapi beli kredit juga ada kelemahannya yaitu semakin lama tenor yang terjadi maka tentu semakin besar juga bunga yang perlu dibayar. Karena itu ada baiknya Anda berikan DP dan Anda pilih tenor rendah untuk beli properti secara kredit sehingga bunga yang besar tidak perlu Anda bayarkan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Pertimbangan Beli Properti Tunai Atau Kredit Syar’i bermanfaat dan bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *