Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Pertimbangkan Aspek Ini Sebelum Beli Properti

Pertimbangkan Aspek Ini Sebelum Beli Properti

Pertimbangkan Aspek Ini Sebelum Beli Properti

Siapa saja pasti butuh yang namanya tanah atau rumah. Tanah dibutuhkan untuk dibuat bangun rumah dan rumah dibutuhkan untuk tempat tinggal, karena itu banyak orang yang menabung untuk dapat membeli tanah dan membangun sebuah rumah atau menabung secara langsung untuk membangun sebuah rumah.

Didalam jual beli rumah, memang konsumen akan melakukan banyak hal untuk dapat memiliki rumah yang diimpikan demikian juga penjual terkadang memanfaatkan kebutuhan konsumen atas hal ini. Bagi Anda yang tidak ingin terjerembab dalam bisnis properti yang merugikan Anda, sebenarnya ada beberapa aspek penting yang Anda perlu tahu dan yang Anda perlu perhatikan sebelum Anda benar – benar membeli dan memilih properti. Kami akan siapkan informasi lengkapnya di bawah ini!

Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Properti

Pertimbangkan Aspek Ini Sebelum Beli Properti

Bagi Anda yang ingin membeli properti, ada beberapa aspek yang Anda perlu perhatikan diantaranya :

Status kepemilikan

Ini memang salah satu rukun jual beli didalam Islam. Atau bisa disebut sebagai salah satu objek jual beli dimana syaratnya harus merupakan milik pihak dari penjual dan dapat dimanfaatkan. Kemudian juga dapat dikuasai secara penuh oleh pembeli. Sehingga tentunya ketika Anda akan beli sebuah properti termasuk jika pembelian dilakukan dengan akad syariah tentunya pertimbangan status kepemilikan perlu Anda lihat secara menyeluruh supaya nantinya juga tidak terjadi simpang siur.

Baca Juga : Perbedaan KPR Konvensional Dan KPR Syariah

Perhatikan legalitas perijinan

Didalam dunia properti ada yang namanya IMB atau Ijin Mendirikan Bangunan. Hal ini tentu dasar yang dapat Anda jadikan bahan pertimbangan didalam membeli sebuah properti terlebih jika memang sudah ada didalam bentuk bangunan baik itu rumah, baik itu ruko atau yang lainnya.

Akan tetapi Anda juga perlu pahami bahwa tidak ada IMB bukan sepenuhnya petaka karena terkadang IMB on going progress sehingga kebijakan dari dinas terkait masih akan mentoleransikan atas kegiatan pembangunan di lapangan apalagi jika memang areal perumahan tersebut dapat dibilang cukup luas. Ada baiknya Anda lakukan cross check mengenai sesuai tidaknya tata ruang atas bidang tanah tersebut jika memang peruntukannya memang pemukiman alias memungkinkan IMB diterbitkan.

Perjanjian

Perjanjian ini sangat penting khususnya untuk Anda yang membeli produk properti secara kredit. Nantinya akan ada poin kesepakatan diantara pihak penjual dan pembeli yang sebaiknya poin – poinnya perlu Anda perhatikan dengan seksama. Bagi Anda yang membeli dengan cara properti syariah tentu akan ada keuntungan juga yang nantinya dapat Anda dapatkan seperti produk properti yang Anda beli tanpa riba dan tanpa denda.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Properti bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *