Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Perbedaan KPR Konvensional dan KPR Syariah

Perbedaan KPR Konvensional Dan KPR Syariah

Perbedaan KPR Konvensional Dan KPR Syariah

KPR atau kredit pemilikan rumah merupakan sebuah istilah yang sangat populer didalam memasarkan sebuah produk kredit dari bank menuju nasabahnya. Bahkan banyak juga bank syariah yang saat ini juga lebih suka untuk menggunakan istilah ini demi mudahnya mereka dalam melakukan upaya pemasaran produk.

Ya, sebenarnya kredit pemilikan rumah atau KPR sendiri ada dua macam yaitu secara konvensional dan juga secara syariah. Tentu saja dua hal KPR ini memiliki sebuah perbedaan yang sangat mendasar. Dan kali ini kami akan berikan informasi lengkapnya seputar perbedaan KPR konvensional dan juga KPR syariah. Langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini!

Beda KPR Konvensional Dan KPR Syariah

Perbedaan KPR Konvensional Dan KPR Syariah

Oke, bagi Anda yang ingin tahu informasi seputar KPR konvensional dan juga KPR syariah, ada beberapa aspek yang Anda perlu tahu tentang hal tersebut diantaranya :

KPR Syariah

  • Untuk KPR syariah ini memiliki angsuran atau memiliki cicilan yang sifatnya tetap atau flat.
  • Untuk program KPR Syariah sendiri biasanya dibuatkan sebuah perjanjian yang didasarkan atas skema jual beli. Dan pada skema jual beli ini bank syariah bertindak sebagai seorang pihak yang memberikan biaya pembelian rumah yang diperlukan oleh nasabah. Nantinya rumah dibeli pihak bank dari developer dan dijual kepada Anda sebesar harga pokok yang ditentukan ditambah dengan margin keuntungan yang telah menjadi kesepakatan dari dua belah pihak yaitu pihak pembeli dan bank.
  • Mengenai pelunasan dari KPR Syariah dapat dilakukan secara menyeluruh.
  • Nantinya KPR Syariah ini tidak dikenakan penalti akan tetapi kapanpun Anda ingin melakukan pelunasan, untuk KPR Syariah ini biayanya yang perlu dikeluarkan adalah sama, dan sesuai dengan sisa angsuran karena nanti akadnya adalah jual beli.

Itulah beberapa aspek yang Anda bisa tahu tentang KPR syariah, lalu seperti apa dengan KPR konvensional?

KPR Konvensional

  • Biasanya angsuran atau besarnya cicilan yang diterapkan pada KPR konvensional adalah memiliki sifat floating atau mengambang karena disesuaikan juga dengan kebijakan suku bunga bank yang pada setiap tahunnya akan mengalami kenaikan atau penurunan.
  • Pada KPR konvensional ini mengenai perjanjiannya adalah dilakukan pembiayaan rumah atau kredit rumah.
  • Jika memang nantinya Anda memiliki dana lebih, KPR konvensional sangat memungkinkan untuk membantu melakukan pelunasan sebagian atau seluruhnya atas sisa pokok sehingga nantinya angsuran yang harus Anda bayar dapat dihitung ulang.
  • KPR konvensional sendiri dalam praktiknya menganut sistem penalti dan menganut sistem biaya bunga berjalan yang nominalnya sangat tergantung sisa piutang dan bunga Anda.

Baca Juga : Pendapat Ulama Tentang Pajak Didalam Islam

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami informasikan. Tentu Anda perlu meninjau mana yang lebih baik untuk Anda dan masa depan Anda didalam memilih properti. Semoga informasi diatas mengenai Beda KPR Konvensional Dan KPR Syariah bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *