Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Pendapat Ulama Tentang Pajak Didalam Islam

hukum pajak kita

hukum pajak kita

Pada beberapa waktu terakhir ini memang banyak pihak yang berbicara tentang pajak. Ya, hal ini memang wajar saja seringkali dibicarakan karena memang pajak sangat rentan hubungannya dengan kasus – kasus korupsi yang selama ini banyak dipublikasikan. Bahkan sekarang ini pajak juga sangat rentan dengan kasus korupsi properti.

Pajak memang selalu ada kaitannya dengan kehidupan karena memang pajak ini merupakan sebuah iuran wajib yang diberikan kepada rakyat kepada negara tanpa rakyat tersebut berhak untuk menerima imbalan apapun atas apa yang diberikan. Didalam Islam sendiri dalam pembayaran pajak sesuai dengan apa yang disampaikan banyak ulama – ulama. Dan pada kali ini kami akan berikan untuk Anda informasi lengkapnya mengenai pendapat ulama tentang pajak didalam Islam. Yuk langsung saja simak informasi lengkapnya berikut ini!

Pendapat Ulama Tentang Pajak Didalam Islam

CIVILITA-COM-BERITA-ISLAM-PERADABAN-Coin

Ada beberapa pendapat yang dilontarkan ulama tentang pajak. Bahkan para ulama juga memiliki perbedaan sikap dan perbedaan pandangan tentang pajak. Mungkin Anda ingin tahu apa saja pendapat ulama tentang pajak didalam Islam? Beberapa pendapat ulama Islam tentang pajak yang harus Anda tahu diantaranya :

Pendapat pertama disebutkan bahwa pajak sendiri tidak boleh dibebankan sama sekali terhadap kaum muslimin karena sejatinya kaum muslimin sendiri sudah dibebani atas kewajiban didalam membayar zakat. Dan ini sesuai juga dengan sebuah hadist yang telah diriwayatkan dari Fatimah binti Qais bahwa beliau mendengar Rasulullah bersabda yaitu “Tidak ada kewajiban didalam sebuah harta kecuali zakat”

Dan zakat juga diambil dengan tidak semena – mena yang berbeda dengan pajak. Bahkan banyak para ulama yang menyamakan pajak yang dibebankan atas kaum muslim merupakan suatu perbuatan yang dzalim lagi semena – mena. Tentunya ini juga menjadi sebuah perbuatan dosa besar seperti yang dinyatakan oleh Imam Ibnu Hazm didalam Maratib al Ijma’ atau didalam Imam Dzahabi didalam bukunya yang berjudul Al-Khabair.

Baca JugaPelajari Konsep Sebelum Beli Properti Syariah

Dan sementara ada juga pendapat kedua tentang pajak. Bahwa dinyatakan bahwa pajak ini boleh dilakukan dan boleh dipungut atas kaum muslimin jika memang negara sangat butuh dana dan untuk menerapkan kebijakan ini juga perlu pajak terpenuhi atas beberapa syarat. Diantara ulama yang memperbolehkan pemerintah mengambil pajak dari kaum muslimin adalah Imam al Juwaini di Ghiyats al Umam halaman 267, ataupun juga Imam Ghazali didalam bukunya yaitu Al-Mustasyfa :1/303 dan Imam Syatibi didalam al I’tishom : 2/619. Jadi sekarang ini seperti pajak properti dan lainnya yang ada di Indonesia bisa dikatakan boleh jika memang negara sangat butuh dana tersebut. Tetapi jika negara tidak menggunakan dengan sebaik mungkin bisa dikatakan negara dzalim atas rakyatnya.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Pendapat Ulama Tentang Pajak Didalam Islam bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *