Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Jenis – Jenis Riba

Jenis – Jenis Riba

Jenis – Jenis Riba

Sekarang ini memang ada banyak sekali kasus – kasus yang beredar seputar riba. Riba sendiri memang beberapa waktu terakhir ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan. Bukan hanya soal dunia perbankan yang memang terkenal dengan ribanya, akan tetapi riba juga sering menyertai jual beli termasuk dalam jual beli properti, kendaraan dan yang lainnya.

Karena itu pemahaman tentang jenis – jenis riba tentu harus dipahami mulai dari sekarang karena sebenarnya jenis – jenis riba itu ada banyak sekali. Langsung saja yuk kita simak informasi berikut ini tentang beberapa jenis riba. Simak informasinya ya!

Jenis – Jenis Riba

Jenis – Jenis Riba

Tentang riba sendiri, disebutkan para ulama bahkan didalam Islam jenis – jenis riba sendiri ada dua macam. Dan kali ini kami akan berikan informasinya secara detail dan lengkap untuk Anda!

Riba dalam utang

Riba didalam utang ini dikenal dengan istilah riba duyun yakni manfaat tambahan atas utang. Riba yang satu ini juga terjadi didalam transaksi utang piutang qard atau juga terjadi didalam melakukan transaksi tidak tunai selain qardh.

Misalnya pada transaksi jual beli kredit bai’ muajjal. Mengenai perbedaan diantara utang yang muncul karena qardh dengan utang yang muncul karena jual beli adalah asal dari akadnya yang dilakukan. Untuk utang qardh ini muncul karena semata – mata akad utang piutang yaitu dengan meminjam harta orang lain agar dapat dihabiskan karena semata – mata adanya akad utang piutang yaitu meminjam harta milik orang lain agar dapat dihabiskan kemudian diganti pada waktu yang lain. Sementara untuk utang didalam jual beli juga muncul karena adanya harga yang belum diserahkan ketika terjadi transaksi baik itu sebagian ataupun secara keseluruhan.

Riba didalam jual beli

Didalam jual beli juga bisa terjadi riba. Ada setidaknya dua jenis riba didalam jual beli yaitu riba fadhl dan juga riba nasi’ah. Riba dalam jual beli ini tentu berbeda dengan riba utang yang dapat terjadi pada segala macam barang, mengenai riba didalam jual beli tidak terjadi demikian kecuali didalam transaksi enam barang tertentu yang telah disebutkan oleh Rasulullah SAW didalam sabda berikut ini.

Baca Juga : Jaminan Didalam Bisnis Properti

“Jika emas ditukar dengan emas, jika perak ditukar dengan perak, jika bur ditukar dengan bur, sya’ir ditukar dengan sya’ir, kurma perlu ditukar dengan kurma, garam perlu ditukar dengan garam maka jumlah takaran nantinya perlu sama dan perlu dibayar kontan atau tunai. Dan barangsiapa yang nantinya menambah atau meminta tambahan maka tentu mereka adalah orang – orang yang berbuat riba. Dan orang yang mengambil tambahan serta orang yang memberinya sama – sama dalam kondisi berdosa” (HR. Muslim no 1584)

Karena itu hindari riba dan ada baiknya kita kembali ke jual beli secara Islami dan dalam konteks ini jika Anda ingin beli properti tanpa riba, Anda dapat menabung atau mungkin berpikir tentang membeli properti syariah yang asasnya sama – sama menguntungkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Jenis – Jenis Riba bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *