Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Jaminan Didalam Bisnis Properti

Jaminan Didalam Bisnis Properti

Jaminan Didalam Bisnis Properti

Kali ini kami akan bahas tentang jaminan didalam KPR Bank. Ini yang sekarang ini marak di tengah banyaknya orang yang sedang kredit rumah. Sebagai pengantar, jaminan pada KPR Bank atau yang kebanyakan dipraktikkan orang adalah dengan menggunakan barang yang sedang ditransaksikan saat ini.

Seperti misalnya ketika si A melakukan akad kredit pemilikan rumah ke developer atau ke lembaga keuangan, kemudian salah satu klausul yang akan dijanjikan adalah menjadikan rumah yang di KPRkan dijadikan sebagai jaminan. Nah, kalau rumah yang sedang di kredit pemilikan rumah ini dijadikan juga sebagai jaminan, maka tentu saja ada dua hal yang nantinya akan terjadi. Hal – hal seperti apa?

Kasus Jaminan Didalam Bisnis Properti

Jaminan Didalam Bisnis Properti

Ada dua hal yang nantinya akan terjadi, dan beberapa hal tersebut akan kami uraikan di bawah ini diantaranya :

Menjadikan rumah yang bukan miliknya sebagai jaminan

Ya, ini memang hal yang lumrah dalam bisnis properti dimana pembeli properti akan menjadikan rumah yang bukan miliknya sebagai jaminan. Hal ini seperti orang yang berkata bahwa “ Aku akan beli bakso kalau saya punya uang”. Ya, belum punya uang tapi beli bakso, atau belum punya rumahnya tetapi akan membuat rumah tersebut sebagai jaminan untuk beli rumah. Ini hal yang bisa dikatakan “lucu” dalam dunia properti karena memang pihak KPR nggak akan pernah mau rugi dan ingin punya jaminan atas mereka yang meminjam uang KPR tersebut.

Jika rumah yang dibeli dijaminkan ketika transaksi kredit, berarti rumah itu tidak dapat dijual

Jika memang rumah yang dibeli tersebut dijaminkan ketika adanya transaksi kredit, ini artinya bahwa secara pasti rumahnya tidak dapat dijual kembali kecuali setelah rumah tersebut lunas. Nah, kalau rumahnya memang akan bisa dilunasi dalam waktu 20 tahun, ini artinya walaupun ada kondisi mendesak selama 20 tahun tersebut, rumah tersebut tidak dapat diapa – apakan atau dengan kata lain rumah tersebut hanya dapat dihuni tanpa bisa diotak – atik. Ini yang kemudian akan membuat pemilik rumah punya rumah tetapi seolah – olah tidak memilikinya. Bukan begitu?

Baca Juga : Informasi Tentang Properti Syariah

Dua hal ini yang memang sering terjadi pada bisnis properti. Akan tetapi tentu saja hal yang berbeda akan terjadi kalau Anda beli tunai atau kalau Anda memang beli properti secara syariah karena didalam akad asas syariah tidak ada jaminan karena asas properti syariah ini mengedepankan segi kenyamanan para pembeli properti dan mengedepankan asas kekeluargaan diantara akad – akadnya.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Kasus Jaminan Didalam Bisnis Properti bermanfaat dan dapat menjadi bahan pertimbangan Anda jika ingin kredit properti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *