Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Hukum Jual Beli Kredit Dengan Harga Lebih Tinggi Dari Harga Kontan

Hukum Jual Beli Kredit Dengan Harga Lebih Tinggi Dari Harga Kontan

Hukum Jual Beli Kredit Dengan Harga Lebih Tinggi Dari Harga Kontan

Dalam praktiknya ada dua macam hukum jual beli yaitu secara kontan dan juga yang dilakukan dengan cara kredit. Sekarang ini jual beli yang dilakukan secara kredit semakin lama semakin merebak mulai dari jual beli kredit sepeda motor, mobil, properti dan masih banyak lagi.

Permasalahan yang ada terkadang ketika seorang badan usaha menjual barang – barang dengan harga yang kontan kemudian dijual dengan harga kredit dengan harga yang lebih tinggi. Misalkan “sepeda motor vixion ini kalau Anda beli kontan harganya 18 juta sementara kalau Anda beli secara kredit maka harganya 21 juta” Lho kok lebih tinggi bahkan jauh melambung tinggi? Apakah penawaran seperti ini dibolehkan didalam Islam? Nah, sehubungan dengan hukum jual beli kredit dengan harga yang lebih tinggi dari harga konten langsung saja kita simak informasi lengkapnya berikut ini!

Hukum Jual Beli Kredit Dengan Harga Lebih Tinggi Dari Harga Kontan

Hukum Jual Beli Kredit Dengan Harga Lebih Tinggi Dari Harga Kontan

Praktek yang seperti kami sebutkan diatas banyak dikatakan oleh para ulama sebagai bai’ut taqsith (jual beli kredit) dengan diberikan tambahan harga. Dan menurut pendapat yang kuat hukumnya dari praktek seperti ini adalah boleh dengan syarat harga, jumlah angsuran serta juga besaran pada setiap angsuran perlu untuk ditentukan sebelum berpisah dan tentu barang perlu sesuai dengan akad.

Dalil yang menguatkan terdapat pada qs. An Nisa’ 29 yang memiliki arti bahwa “Wahai orang – orang yang beriman dan janganlah kamu memakan harta sesama kalian secara batil kecuali dengan dasar perniagaan atas dasar rela diantara kalian”.

Nah, berdasarkan dalil diatas, bisa diartikan bahwa jika memang salah satu pihak bersedia atau rela dengan salah satu tawaran yang telah ditentukan, maka ini merupakan jual beli yang dibolehkan karena hukum dari asas jual belinya juga boleh. Asy Syafi’i juga mengatakan bahwa “Pada prinsipnya semua jenis jual beli itu boleh asalkan dengan rela kedua belah pihak yang melakukan transaksi kecuali jual beli yang telah dilarang dengan sebenar – benarnya oleh Rasulullah”.

Dalam kasus yang seperti ini yaitu kasus dimana jual beli kredit dengan harga lebih tinggi dari harga kontan terdapat perselisihan. Dan menurut beberapa ulama kami akan uraikan informasinya. Menurut Hanafiyah, Malikiyah, Syafi’iyah dan juga atas Hanabilah dibolehkan praktik ini, sementara bagi sebagian Zaidiyah dan Dhohiriyah diharamkan praktek yang semacam ini. Sementara itu ulama kontemporer lainnya juga membolehkan diantaranya An-Nabhani, Al-Qardhawi, Ali Salus, Wahbah Az-Zuhaili dan juga Ibnu Utsaimin. Sementara Abu Zahroh, Muqbil dan juga Al Albani sangat mengharamkan praktek seperti semacam ini. Jadi, sekarang tinggal Anda mau melakukan pendapat dalil yang mana yang sekiranya memang sesuai dengan asas tidak memberatkan atas Anda.

Baca Juga : Fakta – Fakta Tentang Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank 

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Hukum Jual Beli Kredit Dengan Harga Lebih Tinggi Dari Harga Kontan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *