Promo Rumah Idaman Anda.. Raih Kesempatan Anda Sekarang .. Klik disini !

News

Check out market updates

Dampak Negatif Riba Bagi Pribadi Dan Masyarakat

Dampak Negatif Riba Bagi Pribadi Dan Masyarakat

Dampak Negatif Riba Bagi Pribadi Dan Masyarakat

Didalam konteks jual beli memang banyak pintu untuk menuju riba. Salah satunya yaitu pintu riba dari yang namanya kredit. Kredit apapun rasanya sulit untuk menolak riba seperti kredit sepeda motor, kredit mobil bahkan juga tentang kredit rumah.

Riba sendiri memiliki beberapa dampak negatif bahkan didalam Islam ada hadist yang menerapkan jika riba itu adalah dosa yang paling besar “satu dirham riba yang dimakan oleh satu orang laki – laki, sementara ia tahu, dosanya lebih berat dibandingkan berzina dengan 36 pelacur” (HR. Ahmad dan At-Thabrani). Dengan demikian Anda sudah tahu bukan seperti apa dosanya dari riba? Tentu akan sangat pedih azab yang diberikan bagi pelaku riba. Karena itu Anda yang pegawai bank, jangan bangga dulu deh dengan apa yang Anda jalani sekarang karena itu belum sepenuhnya uang halal.

Sementara riba sendiri darimanapun asalnya memiliki beberapa dampak negatif bagi pribadi dan masyarakat. Berikut kami berikan informasinya untuk Anda!

Dampak Negatif Riba Bagi Pribadi Dan Masyarakat

Dampak Negatif Riba Bagi Pribadi Dan Masyarakat

Sudah beli sepeda dan mobil secara kredit dan kini Anda akan beli rumah? Satu hal yang Anda perlu tahu bahwa KPR itu riba dan riba itu haram. Karena itu dibandingkan memilih KPR konvensional ada baiknya Anda pilih yang sesuai syariah karena saat ini juga ada properti syariah yang siap membantu Anda. Ada beberapa dampak negatif sendiri dari riba bagi pribadi dan masyarakat diantaranya :

Enggan masuk surga

Riba adalah salah satu bentuk maksiat kepada Allah dan rasulnya. Karena itu Rasulullah SAW bersabda “setiap umatku dijamin masuk surga kecuali yang enggan”. Para sahabat kemudian bertanya maksud Rasulullah ini, “siapa yang enggan masuk surga rasulullah?” dan kemudian Rasulullah menjawab “barangsiapa yang taat kepadaku akan masuk surga dan barangsiapa yang berbuat maksiat itulah orang yang enggan masuk surga” (HR. Al-Bukhari). Dan ternyata memang riba termasuk salah satu perbuatan maksiat yang dimaksud rasulullah.

Ibadah tidak diterima kalau berasal dari riba

Ibadah haji, infak, shadaqah dalam apapun bentuknya kalau itu dihasilkan dari hasil riba tidak akan diterima oleh Allah SWT. Sesungguhnya Allah itu maha baik dan dia tidak menerima kecuali dari hasil yang juga baik. Dan riba tidak tergolong suatu perbuatan yang baik.

Baca Juga : Cara Pintar Kredit Rumah Tanpa Uang Muka

Riba adalah penjajahan ekonomi sistematis

Pengembangan keuangan dan juga ekonomi dengan sistem riba ini sebenarnya bukan bentuk bantuan akan tetap sistem riba ini merupakan suatu bentuk penjajahan ekonomi yang sangat sistematis dan sangat terselubung oleh negara yang memiliki modal dengan cara memberikan pinjaman lunak.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan soal riba, dan semoga Dampak Negatif Riba Bagi Pribadi Dan Masyarakat bermanfaat. Yuk jauhi riba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *